Sunday 1 April 2018

Choco Banana Muffin (Gluten Free)

   Sebelum membicarakan tentang gluten free, yuk kita bahas apa sih gluten itu?
   Gluten adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia terutama gandum, gandum hitam dan jali (barley). Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan gluteni. Gluten membuat adonan kenyal dan dapat mengembang karena bersifat kedap udara. (Source : Wikipedia)

 Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley. Jika Anda melihat makanan yang memiliki kemasan bertuliskan gluten-free atau bebas gluten berarti makanan tersebut tidak mengandung protein gluten. (Source : www.alodokter.com/menelusuri-makna-gluten-free)
  Gluten diklaim sebagai penyebab masalah kesehatan karena tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Seperti dikutip dari Washington Post, Alessio Fasano pendiri serta direktur Center for Celiac Research and Treatment di Massachusetts General Hospital mengatakan bahwa memang benar di tubuh kita tidak ditemukan enzim yang tepat untuk mencerna protein kompleks pada gluten. Ketika sistem imun mendeteksi adanya gluten, maka sistem imun akan melawan dan mencoba menyingkirkan komponen gluten dalam tubuh. Namun pada sebagian orang, sistem imun nya mampu untuk mengatasi keberadaan gluten.
     Tepung gluten free biasanya harganya lebih mahal dari tepung terigu. Namun bisa dimodifikasi dengan menggunakan tepung beras atau tepung maizena. Tentu dengan perbandingan yang sesuai. Secara pribadi saya belum pernah bereksperimen dengan tepung-tepungan tersebut, tapi saya punya teman yang senang mencampur tepung-tepungan seperti itu untuk mendapatkan tepung gluten free. Saya lebih memilih membeli saja tepung gluten free tersebut, yang saya pakai dari brand Ladang Lima.
      Dan berikut salah satu resep cemilan gluten free.


Choco Banana Muffin (Gluten Free)
Bahan A :
4 buah pisang kepok, lumatkan
1 butir telur ukuran besar
85 ml minyak goreng
110 gr gula pasir

Bahan B : 
150 gr tepung serba guna gluten free (saya pakai merk Ladang Lima)
30 gr coklat bubuk
3/4 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda

Cara membuat :
1. Campur masing-masing bahan A dan bahan B dalam wadah terpisah.
2. Lalu tuang bahan A ke wadah berisi bahan B. Aduk hingga adonan tercampur rata. Jangan over mixed ya.



3. Tuangkan adonan ke dalam cetakan muffin yang telah dialasi cup kertas. Tuang adonan hingga setinggi 3/4 cetakan. Lalu beri irisan pisang.

4. Panggang di oven dengan suhu 180° c selama 20-25 menit. (Sesuaikan oven masing-masing) .
*Untuk 16 buah muffin

No comments:

Post a Comment