Tuesday 12 December 2017

Risoles Ragout Jamur



   Risoles (bahasa Belanda : rissole) adalah pastry berisi daging, biasanya daging cincang dan sayuran yang dibungkus dengan dadar, dan digoreng setelah sebelumnya dilapisi kocokan telur dan tepung panir. 
   Hidangan ini juga dapat dipanggang di dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau entrée ringan. Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi.
   Isi risoles dapat berupa daging ayam, dagingnya sapi, daging ikan, udang, jamur kancing, wortel, kentang, atau buncis. Adonan dadar dibuat dari campuran tepung terigu, kuning telur, mentega atau margarin dan air atau susu.
   Dua jenis risoles yang dikenal di Indonesia adalah risoles sayuran bercampur daging tumis, dan risoles berisi ragout. Bentuk kue ini persegi panjang seperti amplop atau segitiga. Risoles berbentuk segitiga umumnya berisi ragout. Risoles dapat dimakan dengan saus kacang encer, sambal botol, atau cabai rawit. (Source : Wikipedia)
   Di Indonesia, risoles ini banyak dijajakan bersama kue jajanan pasar lainnya. Membuat risoles ini sebetulnya bisa dikatakan gampang - gampang susah, Karena banyak teman-teman yang gagal pada saat membuat kulitnya. Termasuk saya juga, yang baru dapat hasil kulit risoles yang bagus pada percobaan kedua. Yang pertama kulit nya retak saat diberi isian dan digulung. Alhamdulillah setelah coba cari lagi, saya ketemu resep kulit risoles yang ini dan hasilnya bagus. Untuk isian nya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, saya mencoba membuat risoles dengan isian ragout jamur. Yukk lihat resepnya.

Risoles Ragout Jamur

Bahan kulit :
350 gr terigu serbaguna
600 ml susu cair plain
3 butir telur
Sejumput garam

Bahan ragout :
2 sdm margarin
1 kaleng jamur kancing, potong kecil
2 buah wortel, potong dadu kecil
3 batang daun bawang, iris
1/2 bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih, cincang
50 gr keju parut
300 ml susu cair plain
1 sendok bahan kulit
1/4 sdt pala, diparut
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir



*Keju parut dan margarin nya lupa gak ikut difoto.

Bahan pelapis :
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir, secukupnya

Cara membuat :
1. Membuat kulit : campur dan aduk semua bahan dalam wadah. Aduk hingga licin, lalu saring. Panaskan teflon kecil, oles tipis margarin. Tuangkan sesendok sayur adonan, lalu ratakan adonan dengan cara memiringkan teflon. Masak hingga kulit risoles matang. Lakukan hingga adonan habis.
2. Membuat isian ragout :
• Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin hingga harum lalu masukkan jamur dan wortel.
• Tambahkan susu cair, masak hingga mendidih lalu masukkan keju parut. Masak hingga agak mengental.
• Bumbui dengan gula, garam, pala dan merica. Aduk, tes rasa.
• Tambahkan daun bawang dan sesendok sayur adonan kulit. Aduk dan masak hingga mengental dan meletup-letup. Matikan kompor. Biarkan ragout dingin sebelum digunakan.



3. Siapkan selembar kulit risoles, beri sesendok makan isian ragout lalu lipat menyerupai bentuk amplop dan gulung. Lakukan hingga habis.







4. Celupkan risoles ke kocokan telur dan baluri tepung panir. Simpan di kulkas sebentar sebelum digoreng agar bahan pelapis melekat sempurna.





5. Goreng dengan minyak banyak hingga berwarna keemasan.



*Untuk 30 buah risoles.

Semoga postingan ini bermanfaat ya, selamat mencoba membuat risoles mu sendiri..

No comments:

Post a Comment