Thursday 6 April 2017

Onde - Onde


Asaalamualaikum.. Postingan kedua saya di bulan April ini adalah salah satu jenis jajanan pasar yakni onde-onde. Siapa sih yang tidak tahu kue yang dibuat dari tepung ketan dilapisi wijen dengan isian kacang hijau ini. Saya sendiri sebetulnya kurang suka dengan kue yang isiannya kacang hijau, tapi onde-onde ini entah kenapa bikin penasaran. Kepengen aja bikin sendiri, walaupun tidak doyan dan walaupun doyan banyak yang jualan sih ya sebetulnya. Oh ya, dari satu resep di bawah ini jadi 25 buah onde-onde.


Onde - onde

Bahan isian :
100 gr kacang hijau kupas kulit
60 gr gula pasir
100 ml santan
1 lembar daun pandan, simpul
Sejumput garam

Bahan kulit :
250 gr tepung ketan putih 
50 gr kentang, kukus dan haluskan
60 gr gula pasir halus
200 ml air hangat
Sejumput garam

Wijen untuk pelapis
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Membuat isian : Kukus kacang hijau hingga empuk sekitar 15-20 menit lalu haluskan. Tambahkan gula pasir, santan, daun pandan dan garam lalu masak dengan api kecil sambil diaduk hingga kalis. Biarkan dingin lalu timbang @ 10 gr, bulatkan.



2. Membuat kulit : Campur tepung ketan putih, gula pasir halus, kentang kukus, dan garam dalam wadah. Aduk rata. Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan licin. Timbang @ 20 gr lalu bulatkan.






3. Pipihkan adonan kulit, beri isian lalu bulatkan kembali. Celup air sedikit lalu gulingkan ke wijen sambil di tekan-tekan agar wijen menempel. Bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.









4. Siapkan wajan untuk menggoreng, tuang minyak agak banyak. Goreng onde-onde dengan minyak dingin di awal dan dengan api kecil sambil diaduk berputar-putar, setelah mengembang besarkan apinya menjadi sedang lalu goreng sampai matang.



Hmm.. cocok deh buat temen kopi atau teh.. Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment