Wednesday 26 July 2017

Unicorn Ogura Cake


Ogura cake merupakan cake pertama yang saya buat dengan teknik mengocok putih telur terpisah, dan dulu rasanya sangat repot membuat ogura ini. Apalagi waktu itu juga merupakan kali pertama saya memanggang cake dengan teknik au bain marie.  Apa tuh? Namanya sangat asing sekali di telinga saya. Dan ketika cake nya sukses mengembang, saya langsung terpana sekaligus terharu. By the way, au bain marie adalah istilah dari Perancis untuk teknik memanggang kue dengan cara merendam loyang utama berisi adonan kue di loyang lain yang lebih besar berisi air. Biasa disebut juga waterbath. Cake yang dipanggang dengan teknik ini hasilnya akan lembut dan moist walaupun dipanggang lama. Jenis dessert yang dipanggang dengan teknik ini antara lain cheesecake dan klappertart. Dulu terasa repot karena saya baru mulai hobi baking, sekarang alhamdulillah sudah banyak paham dan Ogura cake ini paling sering saya buat. Mulai dari yang original, pandan, coklat, taro dan sekarang versi rainbow dengan warna pastel, Unicorn Ogura Cake. Ogura cake merupakan cake asal Batu pahat, Malaysia. Meskipun jika kita lihat dari namanya, lebih mirip seperti kata dalam bahasa Jepang. Darimana pun asalnya, saya berterimakasih sekali dengan penemu resep ini. Ogura cake sekarang salah satu cake andalan saya.

Unicorn Ogura Cake

Bahan :
Bahan A :
5 kuning telur
1 butir telur utuh
60 ml minyak sayur
65 ml susu cair (atau santan kental)
65 gr terigu Kunci Biru, ayak
15 gr tepung maizena, ayak

Bahan B :
5 putih telur
100 gr gula pasir halus
1 sdm perasan jeruk nipis


Cara membuat :

1. Siapkan loyang persegi uk 20-22 cm. Lapisi bagian dalamnya dengan baking paper dan bungkus bagian luarnya dengan aluminium foil untuk mencegah rembesan air.


2. Campur dan aduk semua bahan  A menggunakan whisk hingga halus dan tidak bergerindil. Adonan tidak terlalu kental tapi tidak encer. 



3. Bagi adonan menjadi 4 bagian, beri setetes food coloring. Aduk rata.


4. Dalam wadah lain, kocok putih telur hingga berbusa, masukkan perasan jeruk nipis. Kocok lagi. Masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga soft peak.


* Pastikan wadah dan alat untuk mengocok putih telur kering dan bebas lemak, karena jika tidak putih telur akan sulit mengembang.


5. Bagi rata meringue ke setiap adonan berwarna. Aduk balik dengan spatula. Jangan overmixed ya.



6. Setelah tercampur rata, tuang adonan dengan sendok ke dalam loyang yg sudah di lapisi dgn baking paper. Masukan adonan selang seling secara acak hingga adonan habis. Hentakkan loyang sebelum masuk ke oven untuk membebaskan gelembung udara. 




7. Panggang dengan teknik au bain marie atau waterbath (isi air setinggi kira-kiran 1 cm saja). Panggang dengan suhu 160-170° c selama 45-50 menit, tergantung oven masing-masing.


Setelah matang, segera keluarkan dari oven dan balik di cooling rack. Lepaskan baking papernya pelan-pelan. Tunggu hingga cake dingin baru dipotong.


Semoga apa yang saya share bisa bermanfaat ya, Dan jangan lupa untuk coba resep ini di dapurmu.. Terima kasih..

No comments:

Post a Comment