Friday 15 December 2017

Pempek Telur Kepiting



  Pempek, penganan yang terbuat dari daging ikan yang kemudian dicampur tepung sagu ini lebih dikenal sebagai makanan khas Kota Palembang. Biasanya pempek Palembang dibuat dari ikan air tawar seperti ikan gabus.
   Di kampung halaman ku, yang merupakan kota kecil di bagian utara pulau Bangka, pempek lebih dikenal dengan sebutkan Kelsan. Dan kelsan juga dikenal sebagai makanan khas kampung kami. Bedanya di kampungku ini kelsan umumnya dibuat dari ikan laut, atau bisa juga dibuat dari udang, cumi atau bahkan telur kepiting seperti yang resepnya akan saya bagikan. Ini tentu dikarenakan pulau Bangka yang dikaruniakan hasil laut yang melimpah, sehingga dikenal dengan berbagai macam makanan olahan lautnya yang sedap. Tidak hanya kelsan, masih banyak makanan olahan hasil laut yang bisa kalian coba kalau main ke Bangka, seperti berbagai macam kerupuk, juga makanan khas lain yang kebanyakan berbau seafood.
   Setelah kemarin saya sempat membagikan resep tahu isi telur kepiting, kali ini telur kepiting saya buat menjadi kelsan. Buat yang belum tahu penampakan telur kepiting berikut saya share lagi ya..



And here the recipes..

Pempek Telor Kepiting
Bahan :
500 gr telur kepiting
50 ml air es
3 siung bawang putih, cincang halus
350 - 450 gr tepung sagu tani
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan telur kepiting, bisa diblend langsung dengan air atau lumatkan dengan sendok. Jika ingin hasil yang tidak terlalu halus, cukup lumatkan saja.
2. Tuangkan air, aduk  menggunakan tangan. Tambahkan garam, aduk lagi.


3. Masukkan tepung sagu tani sedikit demi sedikit, sambil diuleni agar tercampur rata. Jika adonan sudah bisa dibentuk dan tidak lengket walaupun tepung sagu belum dituang semua, tidak apa2. Pakai tepung secukupnya.


4. Bentuk adonan memanjang, lakukan hingga habis.


5. Rebus pempek dalam air mendidih dalam panci. Angkat jika sudah mengapung, tanda pempek sudah matang.


6. Pempek bisa langsung dimakan atau digoreng terlebih dahulu. Sajikan dengan cuka tauco.


*Untuk 30 buah pempek

No comments:

Post a Comment