Tuesday 19 December 2017

Pizza Homemade



 Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya adalah keju mozarella atau "keju pizza". Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya adalah daging-dagingan dan saus seperti salami dan pepperoni, sosis, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain sebagainya. 
 Pizza asli berasal dari Italia dan bisa ditemui di Pizzeria (toko Pizza) yang tiap porsi pizzanya berdiameter kira-kira 30 cm atau lebih, dengan adonan yang telah ditarik tipis. Salah satu rahasia kelezatan Pizza Italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api.  (Source : Wikipedia)
  Pizza juga banyak di jual di restoran dan biasanya juga tersedia layanan pesan antar. Di Indonesia juga terdapat cukup banyak restoran yang demikian. Membuat pizza ternyata cukup mudah lo teman-teman, selain itu pizza buatan sendiri juga terjamin kebersihannya dan bisa pake topping sesuai keinginan kita. Saya bikin pizza ini kemarin karena permintaan bocah. Satu lagi yang didapat dari membuat pizza sendiri adalah bisa sambil ngajak bocah untuk membantu. Mereka bakalan senang kalau makan makanan hasil buatan tangan mereka sendiri. Yuuk buat sendiri pizza mu..
  
Pizza Homemade

Bahan dough :
250 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
30 gr gula pasir
20 gr susu bubuk
5 gr ragi instan
160 ml (susu cair  dingin + 1 butir telur)
30 gr margarin
Sejumput garam

Bahan topping :
Saos tomat atau saos sambal
Bakso sapi, iris
Sosis sapi, iris
Bawang bombay, iris
Parsley kering
Keju mozarella

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering (kecuali margarin dan garam) dalam wadah, aduk rata.
2. Tambahkan bahan cair perlahan-lahan sampai menyatu dan adonan tidak menempel lagi di wadah.
3. Tambahkan margarin dan garam sampai adonan kalis elastis. Ciri adonan kalis elastis adalah adonan bisa ditarik panjang membentuk seperti membran yang sangat tipis tapi tidak putus.
4. Bulatkan adonan lalu masukkan lagi dalam wadah dan tutup dengan serbet atau plastik wrap. 


5. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengembang dua kali lipat, lalu kempiskan adonan.


6. Gilas adonan dengan rollingpin lalu bagi 3 adonan. Gilas lagi adonan, bentuk lingkaran dan susun di loyang.
7. Tekan-tekan adonan dan tusuk bagian tengahnya dengan garpu agar adonan tidak menggelembung.


8. Oleskan dengan saos tomat atau saos sambal lalu taburi irisan bakso sapi, sosis, bawang bombay, keju mozarella dan parsley kering secara berurutan.






9. Panggang di oven dengan suhu 180° c selama 20-25 menit.

Yeay..pizza nya sudah mateng nih.. 🍕🍕🍕


1 comment: