Saturday 16 December 2017

Nasi Liwet


 Kuliner negara kita Indonesia memang cukup beragam. Dari makanan pokok seperti nasi saja terdapat beberapa jenis nasi gurih seperti nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, nasi liwet dan lain sebagainya. Untuk nasi liwet sendiri terdapat dua jenis, yakni nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda.
  Nasi liwet khas kota Solo merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh, semacam bubur gurih dari kelapa.

   Sedangkan nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan. Rasa gurih didapatkan dengan menambahkan bumbu rempah seperti serai, daun salam, bawang dan ikan asin. Bisa juga ditambahkan daun kemangi atau pete. Disajikan dengan tahu atau tempe goreng dan lalapan serta sambalnya. Wahh..sudah kebayang kan sedapnya.
   Memasak nasi gurih seperti ini tak selalu ribet, bisa menggunakan rice cooker agar lebih mudah. Tinggal masukkan bumbu, tekan tombolnya dan tunggu matang. Saat menambahkan garam jangan terlalu banyak ya, karena ikan terinya saja sudah asin. Apalagi jika menggunakan tambahan ikan asin lain selain teri, pasti lebih terasa asinnya. 

Nasi Liwet Sunda

Bahan :
500 gr beras
7 siung bawang putih, iris
10 siung bawang merah, iris
3 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
10 butir cabe rawit
100 gr teri nasi, goreng
Garam secukupnya
3 sdm minyak untuk menumis




Cara membuat :
1. Cuci beras lalu takar dengan air seperti hendak memasak nasi biasa.
2. Tumis irisan bawang, serai, daun salam, lengkuas dan cabe rawit hingga harum. 
3. Masukkan teri goreng dan tumisan bumbu ke dalam wadah berisi beras.
4. Tambahkan garam, aduk.
5. Masak di rice cooker hingga matang. Nasi siap disajikan dengan lauk pauk sesuai selera.





Lauknya kurang komplit, mestinya pake lalapan dan sambel juga. Tapi alhamdulillah begini aja sudah luar biasa. Saya gak sempat bikin sambel lagi, Karena bocah dua-duanya lagi sakit. Ini aja masaknya buru-buru, gak bisa lama. Nanti lain kali masak lagi versi lengkapnya. Semoga bermanfaat yaa.. 

No comments:

Post a Comment