Saturday 27 January 2018

Es Gabus / Es Kue

     Kids jaman now ( sebutan untuk anak-anak masa kini) mungkin tidak bisa menikmati banyak hal seperti yang kita alami di waktu kecil dulu. Baik dari segi mainan yang kebanyakan mainan tradisional yang banyak dimainkan di luar rumah seperti pancak -permainan sejenis petak umpet tapi menggunakan beberapa kaleng yang disusun alih-alih berhitung untuk memberi kesempatan teman mencari tempat bersembunyi. Keseruan memetik buah-buahan jadul di hutan yang sekarang sudah banyak gundul. Hingga jajanan jadul yang sekarang sudah tergeser dengan aneka makanan kekinian. Salah satu jajanan jadul yang dulu sering saya beli adalah es gabus atau es kue, yang sekarang sudah jarang ada yang menjual (Kalau saya yang jualan aja gimana? Laku gak ya?). Sekilas bentuknya mirip kue lapis, tapi ini betulan es lo. Makanya kadang disebut juga es kue.
     Kemarin tiba-tiba pengen makan es ini, dan karena gak ada yang jualan akhirnya bikin sendiri. Sekalian nostalgia ke jaman dulu dan biar anak-anak saya tau ini lo es yang dulu bundanya suka beli. Ketahuan sekali ya saya anak jaman old. Berikut saya sertakan resep, barangkali ada temen-temen yang mau coba bikin juga.



Es gabus / es kue

Bahan :
90 gr tepung hun kwe
65 gr santan kental instant
600 ml air matang
250 ml susu cair
250-350 gr gula pasir
Pewarna makanan pink, kuning, hijau muda dan biru

Cara membuat :
1. Campur semua bahan dalam wadah, aduk hingga licin.
2. Bagi menjadi 4 bagian, lalu masing-masing beri pewarna makanan, aduk.
3. Masak adonan berwarna pink hingga kental dan meletup-letup, jangan lupa sambil tetap diaduk.
4. Tuang ke loyang (alasi loyang dengan kertas roti). Jika ingin hasil es gabus yang agak tinggi gunakan loyang persegi panjang 10*20 cm. Saya pakai loyang kotak 20*20 cm, maka nya hasil es gabusnya tipis.
5. Lanjutkan memasak warna kuning, lalu tuang di atas warna yang pertama. Lakukan hal yang sama untuk warna hijau dan biru.
6. Setelah uap panasnya hilang, simpan di kulkas bawah sekitar 1-2 jam lalu keluarkan. Potong-potong lalu masukkan plastik.
7. Simpan di freezer hingga beku.

Selamat mencoba yaa!

No comments:

Post a Comment