Monday 29 January 2018

Cumi Saus Padang


    Tinggal di pulau yang Allah anugerahkan kekayaan laut yang melimpah merupakan nikmat yang luar biasa. Kita di sini (Pulau Bangka) diberi kemudahan dalam mendapatkan ikan segar. Makanya menu sehari-hati tak jauh-jauh dari ikan, cumi, udang, kerang, siput, atau kepiting tergantung musimnya. Ikannya pun bervariasi bisa ikan kecil-kecil atau hingga ikan besar. Dan harganya masih terjangkau dan tentu tidak semahal di kota-kota besar. Biasanya masak ayam atau daging sapi itu sesekali saja, disaat ikan sulit didapat karena pengaruh cuaca.
    Kali ini saya membeli cumi kemudian dimasak saus Padang. Memasak seafood seperti cumi tidak perlu terlalu sering mengaduk-aduk dan tidak perlu terlalu lama karena akan menyebabkan dagingnya menjadi liat / alot.  Yuk langsung lihat resepnya.


Cumi Saus Padang

Bahan :
500 gr cumi, bersihkan lalu potong-potong
1 ruas jahe, memarkan
3 batang daun bawang, iris
1 sdm saus tiram
4 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat
1/2 sdt merica
Gula dan garam secukupnya
200 ml air
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
8 buah cabe merah besar
5 cabe rawit

Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan jahe hingga harum, lalu masukkan cumi. Masak hingga cumi berubah warna lalu tambahkan saus tiram, saus sambal, saus tomat, merica, gula dan garam. Aduk sebentar lalu tuangkan air. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Koreksi rasa, jika sudah pas masukkan irisan daun bawang. Matikan kompor.

Untuk cabe bisa ditambahkan jika dirasa kurang pedas. Saya memang tidak pake cabe terlalu banyak supaya anak-anak bisa ikut makan. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment