Thursday 13 July 2017

Lemon Curd Tart


Lemon (Citrus limon) merupakan salah satu buah-buahan citrus yang paling banyak digunakan di dunia, baik untuk keperluan konsumsi maupun non konsumsi. Sari lemon terdiri dari 5 hingga 6% asam sitrat yang membuatnya memiliki rasa asam. Lemon biasanya diolah menjadi jus, limun, infused water, cake, pie, pancake, dll. Lemon juga dapat dijadikan campuran salad atau acar seperti banyak dilakukan di India, Pakistan, dan Timur Tengah.
Asal buah lemon belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan dari China, Myanmar, atau India. Di Indonesia sendiri, lemon masih kalah merakyat dari saudaranya, lime atau jeruk nipis (Citrus aurantifolia). 
Di sini jarang ada yang jual lemon, jadi sekalinya ketemu langsung saya beli. Kemarin lemon ya sudah diolah menjadi lemon curd, yang bisa dipakai buat olesan roti. Kali ini saya membuat lemon curd tart. Resepnya saya dapat dari Joy of baking, gampang kok membuatnya. Check it out..

Lemon Curd Tart 

Bahan Pastry Crust :
195 gr terigu serbaguna
113 gr unsalted butter
50 gr gula halus
Sejumput garam
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas

Filling : 
Homemade lemon curd (resep lemon curd dan video tutorial ada di postingan sebelum ini)

Garnish :
Buttercream / whipped cream

Cara membuat :
1. Dalam wadah terpisah, campur  terigu dan garam. Siapkan butter dalam mixing bowl dan kocok hingga tekstur nya menjadi lembut. Tambahkan gula, kocok lagi hingga lembut dan gula larut.
2. Tambahkan  telur secara perlahan, kocok hanya hingga adonan tercampur rata, jangan berlebihan. Masukkan campuran terigu dan garam, mix hingga adonan membentuk bulatan padat.
3. Gilas dan ratakan adonan di talenan. Tutup dengan cling wrap dan simpan di kulkas sekitar 15-30 menit. (Hingga adonan kokoh)
4. Siapkan loyang pie uk 20-22 cm, atau cetakan pie kecil. Olesi tipis2 dengan margarin. Keluarkan adonan dari kulkas, cetak adonan ke cetakan yang telah disiapkan. Padatkan adonan di cetakan sambil di tekan-tekan. Tusuk bagian dasarnya dengan garpu (agar adonan tidak menggelembung saat dipanggang). Simpan lagi di kulkas sebentar.
5. Panaskan oven dengan suhu 205° c lalu panggang pastry crust selama 5 menit. Turunkan suhu menjadi 180°c, lanjutkan memanggang selama 15 menit atau hingga pastry crust kering dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven dan dinginkan di cooling rack.
6. Setelah dingin, isi dengan filling lemon curd. Jika menggunakan cetakan pie kecil, gunakan piping bag agar lebih mudah.
7. Lemon curd tart bisa nikmati langsung atau disimpan dulu di kulkas. Sajikan dengan buttercream atau whipped cream.




*Untuk 21 tart uk sedang

No comments:

Post a Comment