Sunday 9 July 2017

Lemon Curd



Bismillahirrohmanirrohim..

Ini pertama kali nya saya membuat Lemon curd, sebetulnya bukan Yang pertama untuk lemon curd saja, tapi pertama kalinya mengolah lemon. Maklum saya tinggal nya di kampung bukan di kota jadi rada jarang ketemu yang jual lemon. Sekalinya ketemu langsung beli, penasaran pengen bikin dessert berbahan lemon.
Lalu lemon curd itu apa sih? Lemon curd ini teksturnya seperti vla dengan rasa asam, sedikit manis dan segar. Aroma lemon nya sangat terasa, karena memang dibuat dari air perasan lemon asli dan parutan kulit lemon (lemon zest). Oh ya, untuk mendapatkan lemon zest, parut bagian kuningnya saja ya jangan sampai terkena bagian putihnya karena nanti rasanya akan pahit / getir. 
Lemon curd biasanya dipakai sebagai olesan roti, cake atau untuk membuat pie. Saya pakai resep lemon curd dari joy of baking, menurut teman-teman di Instagram yang sudah pernah buat resep ini yang paling simple. Sewaktu sudah jadi lemon curd ini, langsung dicicipin bocah katanya enak, buru-buru deh disimpen di kulkas. Takut keburu habis sebelum dibikin dessert. Enaknya dibikin apa ya?

Lemon curd

Bahan :
3 butir telur
150 gr gula pasir
85 ml air perasan jeruk lemon (resep asli 80 ml)
56 gr butter, potong kecil2
1 sdm lemon zest (parutan kulit jeruk lemon) *parut bagian kuningnya saja, jangan sampai kena bagian putihnya Karena rasanya getir

Cara membuat :
1. Panaskan air dalam panci. Di tempat terpisah, siapkan sauce pan lalu masukkan telur dan gula ke dalam sauce pan, aduk dengan whisk hingga tercampur rata dan gula larut. Lalu masukkan air perasan jeruk lemon.
2. Pindahkan sauce pan ke atas panci berisi air panas mendidih (cara double boiler). Kecilkan api, jika diukur suhunya sekitar 70° c (dikira-kira saja).
3. Aduk lemon curd terus menerus supaya tidak ada bagian yang menggumpal. Setelah 10 menit tekstur nya akan mengental.
4. Angkat dari panci lalu masukkan butter dan lemon zest. Aduk hingga butter meleleh dan rata. Biarkan uap panasnya hilang, lalu tutup dengan cling wrap. Setelah dingin simpan di dalam kulkas. Bisa disimpan maksimal selama 6 hari.

Video tutorial membuat Lemon Curd bisa dilihat di link berikut ini :


Selamat Mencoba ya!

No comments:

Post a Comment