Friday 2 February 2018

Semur Ayam Kentang


   Semur adalah hidangan daging rebus dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, pala dan cengkeh. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena berfungsi untuk menguatkan cita rasa, namun harus tetap terasa menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya. Selain berbahan utama daging sapi Dan kentang, semur juga berdiri dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing.
   Semur berasal dari bahasa Belanda yaitu "Smoor" yang berarti masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan. "Smoor" dalam bahasa Belanda juga berarti braising atau teknik masak dengan cara merebus lama dengan api kecil hingga daging empuk.
    Pada awalnya konotasi semur lekat dengan hidangan daging sapi yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat, namun kemudian dikreasikan dengan daging kambing, ayam, telur, juga untuk produk nabati, seperti tahu, tempe, terong, dan lainnya. Hidangan semur menjadi sajian sehari-hari di Indonesia. Tak heran apabila semur ditemukan di berbagai wilayah Indonesia dengan ragam citarasanya. ( Source : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Semur )
   Awalnya saya tidak terlalu suka masakan semur, karena dulu menurut saya rasanya cenderung manis. Tapi akhir-akhir ini malah jadi doyan. Semur bisa jadi pilihan untuk lauk makan anak-anak karena rasanya tidak pedas, dimana anak-anak umumnya tidak tahan pedas. 

Semur Ayam Kentang 

Bahan :
500gr daging ayam, potong-potong
3-5 buah kentang, kupas dan potong
2 lembar daun salam
1 ruas jahe, memarkan
6 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir, sesuai selera 
Garam secukupnya
200-300ml air
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
7 siung bawang merah 
4 siung bawang putih
3 buah kemiri sangrai 
1/2 sdt merica utuh 
1/4 sdt pala bubuk

Cara membuat :
1. Siapkan wajan anti lengket, Goreng ayam dengan sedikit minyak hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
2. Tumis bumbu halus, jahe dan daun salam hingga harum dan bumbu matang.
3. Masukkan kecap manis, garam dan gula pasir, masak sampai kecap terkaramelisasi atau kental. Beri air aduk hingga rata. 
4. Masukkan ayam dan kentang, masak hingga mendidih, ayam empuk dan kuah kental. Jika suka semur yang berkuah bisa tambah air nya sesuai selera. Koreksi rasa dan angkat. Beri taburan bawang goreng.

No comments:

Post a Comment