Saturday 21 July 2018

Bolu Pandan Kukus



    Bolu atau kue bolu (dari bahasa Portugis bolo,  bahasa Inggris : cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. (Source : Wikipedia)  
      Bolu atau cake yang dikukus menghasilkan kue yang lebih moist dibandingkan yang dipanggang menggunakan oven. Selain itu bolu yang dikukus cukup mudah dibuat untuk pemula dan mempunyai tingkat keberhasilan tinggi dibandingkan bolu yang dipanggang dengan oven. Lagipula peralatan yang digunakan sederhana, karena kukusan / dandang merupakan peralatan dapur yang bisa dikatakan wajib dimiliki para ibu di rumah ketimbang oven. Bahkan  ada resep bolu kukus yang tidak menggunakan mixer,  jika kita tidak punya mixer. Tips membuat bolu kukus adalah selalu kocok adonan telur hingga benar-benar mengembang dan mengental. Juga gunakan baking powder yang baru (masih bagus). Karena mempengaruhi untuk proses mengembang nya kue saat dikukus. Saat mencampur tepung,  usahakan jangan overnixing karena nanti akan menyebabkan gluten terbentuk dan adonan menjadi kempis dan encer sehingga nanti akan bantat. Cukup diaduk pelan dengan spatula atau dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah hanya hingga adonan tercampur rata saja. 
       Bolu kukus ini menjadi pilihan saya jika ingin membuat kue yang simple tapi waktu yang dimiliki tidak banyak. Dan serunya bisa dibuat dengan rasa sesuai selera. Pastanya bisa diganti coklat,  mocca atau talas,  dan toppingnya bisa diganti keju. Suka-suka deh. 

Bolu Pandan Kukus

Bahan A : 
3 butir telur utuh
1 kuning telur
120 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt vanili
Sejumput garam
1 sdt pasta pandan

Bahan B : 
100 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder

Bahan C : 
100 gr santan kental instan

Olesan : chocolate spread 

Topping : chocolate flake

Cara: 
1. Kocok bahan A dengan mixer hingga mengental. 


2. Masukkan bahan B kedalam adonan sambil dikocok sebentar dengan mixer kecepatan rendah hanya hingga adonan tercampur rata. 


3. Masukkan santan kental,  aduk balik dengan spatula hingga rata.




4. Tuang adonan ke dalam loyang (saya pakai loyang persegi uk 22cm)  yang telah dialasi baking paper. Kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan. 


5. Oles dengan selai cokelat dan taburi coklat flake. 


Yeay.. Bolu Pandan kukus siap menemani waktu minum teh.. 



 Semoga bermanfaat ya.. 

No comments:

Post a Comment