Tuesday 21 March 2017

Ayam Goreng Kremes



Banyak sekali jenis kreasi masakan yang dapat kita olah dari bahan dasar ayam seperti ayam goreng tepung, ayam kecap, ayam bakar, kari ayam, gulai ayam, ayam rica-rica, opor ataupun ayam goreng biasa. Untuk ayam goreng memang merupakan jenis olahan ayam yang sangat mudah untuk dibuat, karena memang kita tak membutuhkan waktu lama saat memasaknya. Salah satu variasi dari ayam goreng adalah ayam goreng kremes, ayam gorengnya disajikan dengan kremesan yang gurih dan crispy. Akan semakin enak dan lezat dengan kremesan yang terbuat dari tepung beras . Ayam goreng kremes ini identik dengan kota Jogja, Jawa tengah dan sekitarnya. Disana banyak sekali restoran atau rumah makan yang menyajikan ayam goreng kremes sebagai menu utamanya. Bagaimana sih cara membuat ayam goreng kremes ini? Yuuk kita lihat resepnya.
Ayam goreng kremes

Bahan :
1 ekor ayam, potong2
500 ml santan
3 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan

Bumbu Halus:
7 siung bawang putih
5 siung bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sdm ketumbar
2 ruas kunyit
1/2 sdm garam
1 sdt merica
1 sdt gula pasir

Bahan Kremesan :
300 ml air bekas ungkepan ayam, saring
125 gr tepung sagu tani
2 sdm tepung beras
1 butir kuning telur
1/2 sdt Baking Powder Double Acting
2 sdt bawang putih bubuk
Garam dan merica secukupnya

Bahan Sambal :
20 buah cabe rawit
7 buah cabe merah besar
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat ukuran sedang, iris
1 sdt garam
1/2 sdm gula
1 sdm terasi bakar
3 sdm minyak panas bekas goreng ayam


Cara membuat :
1. Ungkep ayam dengan santan, daun salam, serai dan bumbu halus sampai matang. Airnya jangan sampai habis karena akan dipakai untuk kremesan. 
2. Saring sisa rebusan ayam, buat adonan kremesan. Masukkan semua bahan kremesan kecuali BPDA. Lalu celupkan ayam ke adonan kremesan lalu goreng di minyak yg panas. Tunggu sampai matang.
3. Setelah itu sisanya kita goreng untuk kremesan. Masukkan BPDA. Aduk2 adonan kremesan dengan tangan lalu ambil adonan kremesan kucurkan dengan jarak yg tinggi dari wajan. Goreng di minyak yg benar2 panas biar terbentuk sarang2nya. Lakukan sampai adonan habis.



4. Sambal : Haluskan semua bahan sambal kecuali tomat, lalu tumis sambal sebentar dan tambahkan irisan tomat. Koreksi rasa.



5. Sajikan ayam dengan kremesan, sambal dan lalapannya.


Hmm..Ayam dan kremes nya yang gurih dan crispy berpadu dengan sambal pedas dan lalapannya. Bisa bikin boros nasi putih yaa.. Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment