Thursday 23 March 2017

Kue Lapis Sagu



Sebelumnya saya sudah pernah share resep lapis sagu, waktu itu saya membuat lapis sagu nya dari campuran tepung sagu, terigu dan sedikit tepung hun kwe. Kue lapis yang dihasilkan teksturnya lembut dan lapisan nya sulit dipisahkan karena cenderung lengket. Kali ini saya membuat lapis sagu resepnya @liessurya, hanya dari campuran tepung sagu dan terigu, kue lapisnya jadi agak kenyal dan lapis perlapis nya tidak lengket saat dipisahkan. Jadi inget waktu jaman masih kecil (dan sampai sekarang pun masih begitu) kalau makan kue lapis selalu dibuka lapisannya satu persatu. Entah kenapa tapi kok lebih seru aja daripada dimakan langsung..

Lapis Sagu Coklat Putih

Bahan :
300 gr tepung sagu tani
150 gr tepung terigu serbaguna
400 gr gula pasir
1200 ml santan dari 2 kelapa
30 gr coklat bubuk
Sejumput garam

Cara membuat :
1. Siapkan kukusan dan loyang ukuran 20*20 cm yang telah diolesi minyak goreng.
2. Campurkan tepung sagu, terigu, gula pasir, dan garam, aduk rata.


3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisker, aduk hingga adonan halus dan tidak bergerindil. Saring adonan untuk mendapatkan hasil yang lebih halus.


4. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian dicampur bubuk coklat.


5. Tuangkan adonan coklat sebanyak kira2 120 ml lalu kukus 8 menit. Tuangkan adonan putih 120 ml lalu kukus 8 menit. Lakukan secara bergantian hingga adonan habis. Terakhir kukus selama 15 menit. 


6. Tunggu hingga benar-benar dingin baru keluarkan dari loyang. *Saat memotong kue, lapisi pisau dengan plastik bening agar tidak lengket dan hasil irisan bagus.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di dapur masing-masing ya! 

No comments:

Post a Comment