Monday 20 March 2017

Bubur Mutiara




Sudah hampir dua mingguan ini suami minta dibuatkan bubur kacang hijau, tapi kelupaan terus mau beli kacang hijaunya. Eh kemarin pas di hotel, breakfast nya ada bubur mutiara ini. Katanya ntar kalau udah pulang bikin bubur ini aja, nggak jadi bubur kacang hijaunya. Okeh, malah jadi lebih mudah sih ya requestnya. Akhirnya tadi pulang dinas malam langsung beli sagu mutiara dan kelapa parut buat mewujudkan request sang bapak suami ini.

Bubur Mutiara


Bahan :
150 gr sagu mutiara
200 gr gula pasir
850 ml air atau secukupnya
1/2 vanili bubuk (optional)

Kuah santan :
700 ml santan dari 1 buah kelapa
Sejumput garam
2 lembar daun pandan, ikat

Cara membuat :
1. Didihkan terlebih dahulu air dalam panci, lalu langsung masukkan sagu mutiara. Cara ini agar nantinya butiran sagu mutiaranya tidak hancur, bulat bagus karena ada yang memakai cara dengan merendam sagu mutiara ke air dingin terlebih dahulu agar nantinya tidak lama saat merebus, tapi hasil butiran mutiara menjadi hancur lengket tak berbentuk.
2. Lalu masukan gula pasir dan vanili bubuk, aduk sesekali agar bubur tidak melengket di dasar panci. Masak hingga matang, cirinya butiran mutiara akan berwarna bening kenyal, kurang lebih 30-40 menit.
3. Kuah santan : masak semua bahan hingga mendidih tapi santan tidak pecah.
4. Penyajian : saat bubur sudah hangat, masukkan secukupnya dalam mangkok/gelas bubur mutiara siram dengan kuah santan lalu aduk rata.
5. Sajikan hangat atau dingin. Semuanya enak kok..



Yuk bikin sendiri bubur mutiara mu!


No comments:

Post a Comment