Friday 3 March 2017

Dimsum





Dimsum (dian xin) adalah istilah dari bahasa Kantonis yang berarti makanan kecil. Biasanya dimsum dinikmati saat sarapan atau brunch. Dimsum awalnya populer di Hongkong dan sekarang sudah cukup populer di seluruh belahan dunia. (Source : wikipedia)
Ada banyak jenis dimsum, salah satunya adalah siomay, hakau udang, bak pao. Dan ada pula jenis dimsum goreng seperti chicken wonton, ekkado, kumis naga (dimsum rambutan) dan lain sebagainya. Saya hari ini membuat dua jenis dari dimsum yang disebutkan di atas yakni siomai dan chicken wonton. Yuk lihat resepnya.

Dimsum 


Bahan isian :
300 gr daging ayam giling
100 gr udang kupas kulit, iris kecil
100 gr tepung sagu tani
3 batang daun bawang, iris tipis
1 buah wortel ukuran kecil, parut
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdm kecap asin
1 sdm saos tiram
1 butir telur

Bahan tambahan :
Putih telur untuk olesan
Kulit pangsit



Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan isian lalu aduk rata.





2. Siapkan kulit berbentuk lingkaran untuk siomay, dan persegi untuk wonton.
3. Untuk membuat siomai : ambil sesendok kecil adonan dan letakkan di bagian tengah kulit pangsit berbentuk lingkaran, lalu rapikan bagian sisinya. Lakukan hingga adonan isian tersisa separuhnya. Kukus hingga matang sekitar 15-20 menit.










4. Untuk membuat chicken wonton : ambil sesendok kecil adonan dan letakkan dibagian tengah kulit pangsit persegi, oleskan putih telur di pinggiran pangsit lalu lipat menjadi segitiga dan tekuk hingga kedua ujung lancipnya menyatu. Lakukan hingga adonan adonan habis. Goreng dengan minyak banyak hingga keemasan.






5. Sajikan dengan saos sambal.



Semoga bermanfaat ya!

No comments:

Post a Comment