Friday 30 June 2017

Cheddar CheeseCake


Dessert yang cheesy adalah kesukaan saya, pokoknya semua dipakein keju. Sudah dari sebelum lebaran pengen bikin cheesecake tapi belum ada waktu luang. Cheesecake biasanya dibuat dengan cream cheese, kali ini saya membuat cheesecake dengan keju cheddar yang dilelehkan dengan susu cair dan butter. Hasilnya memuaskan, dengan biaya yang tentu saja lebih hemat dibanding memakai cream cheese. Jadi ketagihan deh.. 😋

CHEDDAR CHEESECAKE

Bahan :
100 gr keju cheddar, parut halus
65 ml susu cair
25 gr butter
30 gr terigu kunci biru
10 gr tepung maizena
3 butir kuning telur

Bahan meringue :
3 putih telur 
75 gr gula halus
1 sdm air jeruk nipis

Dusting : icing sugar

Cara membuat :
1. Panaskan oven suhu 160° c dan siapkan loyang bulat diameter 18cm (saya pake loyang 20cm, kalo mau cake nya kelihatan agak tinggi pake loyang 18 cm). Alasi bawah dan sisinya dg baking paper, bungkus bagian luar loyang dg alumunium foil.



2. Lelehkan keju, susu cair dan butter dengan cara double boil. Aduk dengan whisk, setelah tercampur rata, matikan api dan dinginkan.

3. Masukkan terigu dan maizena sambil di ayak, aduk rata sampai halus dan tidak bergumpal.




4. Masukkan kuning telur aduk rata secukupnya saja jangan berlebihan. Sisihkan.


5. Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan air jeruk nipis lalu kocok lagi. Masukkan gula secara bertahap sambil terus dikocok hingga soft peak (ciri adonan soft peak adalah jika mixer diangkat puncak adonan akan berbentuk lancip dan kaku). Matikan mixer.



6. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan keju secara bertahap, sambil di aduk balik sampai rata.



7. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Lalu siapkan loyang yang lebih besar dari loyang  berisi adonan, dan isi air panas setinggi 1 cm. Letakkan loyang berisi adonan di dalam loyang berisi air panas. (Teknik au bain marie atau water bath)



8. Panggang selama 50-60 menit sampai permukaan cake berwarna coklat keemasan. Setelah matang keluarkan cake dari loyang dan dinginkan. Lalu taburi icing sugar.


Ini hasil percobaan pertama..


Hasil percobaan kedua, lebih mulus, teksturnya lebih halus.

Selamat membuat sendiri cheesecake mu ya...
Happy Baking!

No comments:

Post a Comment