Saturday 5 August 2017

Green tea Muffin


Muffin merupakan salah satu dessert yang cukup mudah untuk dibuat, karena membuat muffin tidak perlu menggunakan mixer. Tinggal campur bahannya, aduk dan panggang. Banyak yang masih sulit membedakan cupcake dan muffin. Padahal kalau lihat di toko kue atau bakery, cupcake dan muffin itu mudah dibedakan. Keduanya memang disajikan dalam cup kertas, tapi cupcake selalu tampil cantik dengan frosting buttercream,, sedangkanebih simple. Para bakers bahkan menyebut cupcake sebagai “kue mini” sedangkan muffin adalah “roti kilat (quick bread) mini”. Selain itu masih banyak hal-hal yang membedakan dua dessert ini. Yuk, simak penjelasannya.

Dari segi bahan

Pada dasarnya, cupcake dan muffin dibuat dari bahan utama yang sama yaitu tepung, telur, mentega, gula, dan susu. Bedanya, cupcake menggunakan tepung protein rendah sedangkan muffin pakai terigu serbaguna atau tepung protein sedang. Kadang muffin juga pakai tepung gandum sehingga tekstur akhirnya benar-benar crumbly.
Selain tepung, perbedaan dua makanan kecil ini bisa dilihat dari pemakaian lemak untuk baking-nya. Lemak di sini misalnya mentega, margarin, atau minyak. Nah, cupcake biasanya pakai mentega atau margarin agar teksturnya lembut dan padat. Muffin biasa menggunakan mentega atau minyak sayur seperti minyak zaitun atau minyak kelapa murni.
Salah satu pembeda cupcake dan muffin yang paling ketara adalah bahan campuran. Cupcake selalu dibuat polos tanpa isian, sedangkan muffin bisa dikreasikan dengan banyak jenis isian seperti buah kering, chocolate chips, kacang, atau lainnya. Namun meski tanpa isi, cupcake selalu hadir dalam berbagai rasa seperti vanila, coklat, red velvet, green tea, dan sebagainya.
Dari segi proses pembuatan
Seperti halnya kue, pembuatan adonan adalah hal krusial untuk cupcake. Creaming antara mentega/margarin dengan gula sangat penting dilakukan agar tekstur adonan lembut dan tercampur rata. Kalau muffin, yang penting adalah bahan kering dan bahan basah dapat tercampur rata, tapi tak perlu sampai adonannya jadi lembut. Oleh karena itu, mengaduk adonan cupcake memang lebih lama daripada adonan muffin.
Waktu pemanggangan dua dessert ini juga berbeda, lho. Meskipun waktunya beda tipis, cupcake biasa dipanggang kurang lebih 20-25 menit sedangkan muffin maksimal 30 menit.
Dari segi hasil panggangan dan penyajian
Ketika mengeluarkan muffin dan cupcake dari panggangan, coba perhatikan dua penganan ini. Cupcake pasti berukuran lebih kecil dari muffin dan bagian atasnya bertekstur halus dan lebih rapi. Sebaliknya, muffin pasti crumbly dan tak beraturan. Lalu setelah dingin, cupcake diberi frosting buttercream sedangkan muffin dibiarkan polos. (Source : resepkoki)
Sudah paham ya beda cupcake dan muffin. Jangan sampai salah lagi. Untuk resep cupcake yang sudah pernah saya posting bisa dilihat disini. Dan resep muffin bisa dilihat dibawah ini ya. Kali ini saya membuat green tea muffin. 

Green tea Muffin

Bahan kering :
240 gr tepung terigu serbaguna
60 gr gula pasir halus
50 choco chips putih
1/2 sdt baking powder
2 sdt green tea powder




Bahan basah :
200 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas
4 sdm margarin, lelehkan




Topping : almond slice

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering dan aduk rata. Dalam wadah lain campur semua bahan bahan basah, aduk rata. 
2. Masukkan adonan basah ke adonan kering. Aduk balik dengan spatula hingga rata. Jangan overmixed karena jika tidak muffin akan bantat.

3. Tuang adonan ke dalam paper cup atau cetakan muffin hingga 3/4 tinggi cetakan. Lalu taburi almond slice.




4. Panggang di oven (yang telah dipanaskan sebelumnya) dengan suhu 200°c api bawah selama 15 menit. Setelah itu, turunkan suhu ke 170°c dan lanjutkan memanggang 15 menit lagi.

*Untuk 15 cup muffin


Semoga apa yang saya share bisa bermanfaat, dan jangan lupa dicoba resepnya ya.. Jazakallah khairan..

1 comment: