Friday 18 August 2017

Ikan Acar Kuning


Ikan Acar kuning ini masakan favorit saya dari dulu. Sekarang jadi kesukaan anak-anak juga. Resepnya didapat dari Ibu saya. Yang paling saya ingat waktu dulu pertama kali minta resep ini, waktu itu saya tanya berapa banyak kemiri yang dibutuhkan. Ibu saya bilang makin banyak kemirinya makin enak. Kalau tanya resep sama Ibu saya ya begitu, hanya ngasih tau bumbu apa aja tanpa detail berapa banyak yang dibutuhkan. Jadi selanjutnya saya pake ilmu kira-kira. Kalau sedang timbul males, saya biasanya masak ikan acar ini aja tanpa masak sayur lagi. Karena sudah ada wortel sama timunnya.

Ikan acar kuning

Bahan :
5 ekor ikan kembung, bersihkan
1 buah timun ukuran sedang, buang bijinya, iris memanjang
1 buah wortel ukuran sedang, iris memanjang
50 ml air asam jawa
Air bersih secukupnya
Gula dan garam secukupnya
Cabe rawit utuh, secukupnya

Bumbu halus :
10 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 ruas lengkuas
3 ruas kunyit
2 buah cabe merah besar
3 buah cabe rawit

Cara membuat :
1. Lumuri ikan yang telah dibersihkan dengan garam dan perasan jeruk kunci, diamkan sebentar lalu goreng hingga matang. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan air asam jawa dan sedikit lagi air bersih. Biarkan mendidih.
3. Bumbui dengan gula dan garam.
4. Masukkan irisan wortel, setelah wortel hampir lunak baru masukkan irisan timun dan cabe rawit utuh. Koreksi rasa. Jika sudah pas matikan kompor.
5. Siapkan ikan goreng di piring saji, lalu siram kuah acar kuning ke atas ikan goreng. Atau bisa juga ikan goreng langsung di masukkan ke wajan berisi kuah acar. Saya lebih suka kuah acarnya disiram saja supaya ikan masih terasa kriuknya.

Alhamdulillah ya atas rezeki hari ini. Masih bisa makan siang dengan menu lengkap ikan dan sayurannya. Masak beres sekarang waktunya makan siang..


Semoga postingan ini bisa menginspirasi teman-teman semua ya..

No comments:

Post a Comment