Tuesday 5 February 2019

Bolu Alunan Kasih


Bismillah..
Sudah lama tak posting di blog ini. Postingan terakhir sudah 6 bulan yang lalu. Semoga setelah postingan ini bakalan rqjin update lagi ya.
Kali ini saya membuat bolu alunan kasih. Sejak pertama mendengar nama bolu ini saya penasaran, kok namanya manis sekali ya. Terkadang juga dikenal dengan nama topo map love cake. Karena kebanyakan motif nya berwarna hijau, mungkin tampak seperti peta makanya dinamakan topo map love cake. Saya pertama kali bikin versi ungu dengan taro powder, baru setelah itu bikin versi hijau dengan pasta pandan. Sebenarnya untuk rasa bisa dibilang sama saja dengan bolu lainnya, seperti pada resep yang saya ambil dari pak sahak ini tekstur bolunya ringan seperti sponge cake. Bisa juga teman-teman pake resep bolu atau cake andalan teman-teman, tinggal membuat motifnya yang khas bolu alunan kasih ini. Yang khas adalah sebelum dan sesudah kita menambahkan adonan yang berwarna, kita taburkan coklat bubuk. Sehingga terkesan ada garis batasnya. Motif ini lah yang membuat bolu atau cake ini terlihat unik. 

Bolu Alunan Kasih
Source : Pak Sahak

Bahan :
3 butir telur 
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt emulsifier
1/4 sdt vanilla pasta
90 gr tepung terigu serbaguna
10 gr maizena
10 gr susu bubuk
60 gr margarin, lelehkan dan dinginkan
30 ml minyak sayur
Taro powder secukupnya
Coklat bubuk secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang loaf 22x11x6, oles margarin dan alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, pasta vanilla hingga tercampur dan berbusa saja lalu masukkan campuran tepung mixer speed sedang hingga mengembang, putih dan kental (all in one method).
4. Campurkan margarin leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
5. Ambil 1/3 bagian adonan dan masukkan taro powder. Aduk rata. 
6. Gunakan sendok makan, tuang adonan putih setengah bagian ke dalam loyang, kemudian taburi coklat bubuk tipis merata lalu tuang adonan hijau diatasnya setengah bagian lalu taburi coklat bubuk, lakukan pada sisa adonan berikutnya hingga selesai. 
7. Hentakkan loyang 1x saja agar cake tdk berlubang" dan agar motif tidak buyar
8. Panggang hingga matang selama kurang lebih 30 menit menit suhu 180°C (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk. Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut. 



Setelah membuat versi spongecake, saya juga membuat versi buttercake dari bolu alunan kasih ini. Sekaligus penasaran sama motifnya yang kemarin, terasa kurang mengalun atau meliuk-liuk. Dan kali ini saya buat versi pandan. Yuk simak..



Buttercake Alunan Kasih

Bahan: 
6 kuning telur
5  putih telur
220 gr gula pasir halus
150 gr terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
250 gr butter
Cokelat bubuk
Pasta pandan 

Cara membuat:
1. Kocok butter dan gula pasir dengan mixer sampai pucat dan mengembang.
2. Masukkan kuning telur satu persatu dan kocok sampai rata.
3. Masukkan terigu dan susu bubuk, kocok lagi dengan kecepatan rendah.
4. Dalam wadah lain, kocok putih telur sampai soft peak. Lalu masukkan adonan putih telur ke adonan kuning telur secara bertahap. Aduk balik dengan spatula.
5. Ambil 1/3 bagian adonan dan beri campuran pasta pandan, aduk rata.
6. Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
7. Tuangkan adonan putih, lalu taburi coklat bubuk secukupnya hingga seluruh permukaan tertutupi coklat bubuk. Tuangkan adonan pandan, lalu taburi lagi dengan coklat bubuk. Tuang lagi adonan putih hingga seluruh permukaan tertutup rata.

8. Panggang di oven dengan suhu 170° c selama 50 menit, sesuaikan dengan oven masing-masing.

Silahkan dicoba ya, tergantung selera suka resep yang mana. Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment