Monday 11 February 2019

Klappertaart Durian






   Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai dessert khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Nama klappertaart sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti coconut cake atau coconut tart yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesi artinya Kue Kelapa. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart yaitu dikukus dan dipanggang. Klappertart sekarang sudah banyak divariasikan dengan menambahkan daging buah durian, nangka, cokelat, strawberry jam, dan masih banyak variasi dari klappertaart yang bisa teman-teman coba.
    Dalam proses pemanggangan nya, klappertaart dipanggang dengan teknik khusus yaitu au bain marie atau biasa disebut juga water bath. Yaitu dengan meletakkan cup berisi adonan di dalam loyang berisi air panas setinggi kurang lebih 1/2 cm hingga 1 cm. Teknik ini akan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut. Klappertaart tidak bisa dipotong layaknya kue yang dipanggang lainnya, cara menikmatinya adalah dengan cara disendokkan. Hmm..yuk langsung lihat resepnya..

Klappertaart durian

Bahan :
300 ml susu cair
60 gr tepung maizena
40 gr tepung terigu

600 ml susu cair
150 gr gula pasir halus
5 kuning telur
100 gr margarin
Daging kelapa muda dari 1 butir kelapa
150 gr daging buah durian

Topping :
5 putih telur
50 gr gula pasir halus
Almond slice
Kismis
Cokelat chips
Bubuk kayu manis (optional)

Cara :

1. Masukkan 300 ml susu cair, tepung maizena, dan  terigu dalam wadah, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
2. Masukkan 600 ml susu cair dan gula pasir dalam panci, aduk lalu masak dengan api sedang hingga mendidih.
3. Masukkan campuran susu dan tepung secara perlahan sambil diaduk cepat hingga adonan mengental dan tercampur rata. Matikan api.
4. Masukkan margarin, aduk rata.
5. Setelah uap panas hilang, masukkan kuning telur satu persatu sambil diaduk rata. Lalu masukkan daging kelapa muda dan durian. Aduk rata.
6. Tuang adonan dalam cup alumunium hingga setinggi 3/4 nya.



7. Panggang di oven dengan suhu 160°c selama 25 menit dengan teknik au bain marie. (Dalam loyang besar tuangkan air panas hingga setinggi 1/2 cm, baru letakkan cup berisi adonan di loyang berisi air tsb).

8. Sambil menunggu siapkan adonan meringue untuk topping. Kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan gula pasir halus, kocok lagi hingga kaku.
9. Keluarkan klappertaart dari oven, tuangkan sesendok meringue, ratakan hingga menutupi seluruh permukaan. Lalu taburi almond slice, kismis / cokelat chips, atau kayu manis bubuk.


10. Masukkan lagi ke oven, panggang lagi sebentar sekitar 10-15 menit atau hingga permukaannya kecoklatan. 




*Klappertaart ini enak dimakan dingin, simpan di kulkas ya.
*untuk 12 cup klappertaart




Klappertart bisa juga dibuat dalam wadah ramekin seperti ini..



Semoga bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment