Sunday 16 April 2017

Apple Crumble


Salah satu variasi dessert yang bisa dibuat dengan memanfaatkan buah apel adalah apple crumble. Rasanya menurut saya hampir mirip dengan pie apple karena untuk filling nya memakai bahan Yang kurang lebih sama. Hanya bedanya jika apple crumble ditaburi dengan bahan crumbs di bagian atasnya alih-alih menggunakan crust seperti pie. Apple crumble biasanya disajikan dengan es krim vanila. Hmm..Penasaran seperti apa sih rasanya. Check this out..

Apple Crumble

Bahan filling :
3 buah apel hijau, potong dadu
1 sdm mentega
3 sdm gula palem
1 sdm perasan jeruk nipis
1 sdm air matang
1 sdt kayu manis
1/4 sdt pala bubuk
(Saya pakai buah pala, diparut)

Bahan crumble :
5 sdm terigu serbaguna (segitiga biru)
1 sdt kayu manis
1 sdt gula palem
2 sdm mentega

Cara membuat :
1. Membuat filling : Masukkan potongan apel, gula palem, mentega, kayu manis bubuk, pala bubuk, air dan perasan jeruk nipis ke dalam panci. Aduk dan masak dengan api kecil selama sekitar 10 menit. Matikan kompor.


2. Membuat crumble : Masukkan semua bahan crumble dalam wadah dan aduk dengan garpu sambil ditekan-tekan hingga membentuk butiran berpasir.


3. Siapkan cup aluminium foil, isi dengan filling apel hingga terisi setinggi setengah cup. Taburi bahan crumbs hingga seluruh bagian filling tertutup rata. Jangan ditekan. Lakukan hingga bahan habis.




4. Panggang di oven dengan suhu 180-190° c selama 30-35 menit. (Sesuaikan oven masing-masing).


5. Sajikan hangat atau dingin. Lebih enak jika disajikan dengan es krim vanila.. Sayangnya saya lagi gak punya es krim di rumah Dan males pergi buat beli.. (Yang males seperti ini jangan ditiru)




Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba yaa!!

No comments:

Post a Comment