Saturday 1 April 2017

Puding Lapis Tiga Rasa



Asaalamualaikum April..  Yuk awali hari pertama di bulan ini dengan ngemil yang manis-manis. Kebetulan sudah semingguan ini saya gak bikin cemilan manis, padahal biasanya selalu ada. Lagi males mau bebikin, liat kondisi rumah yang berantakan, barang bertumpuk dan debu dimana-mana. Memang rumah lagi proses renov, kena dampak pelebaran jalan, makanya kalau bikin rumah jangan terlalu deket sama jalan ya..😊 Akhirnya kemarin bikin puding deh, yang gampang aja, lagi males ribet. Penasaran sama puding lapis biskuit Marie ini, udah banyak yang bikin, biasanya lapisan atasnya bening, kali ini saya tambahkan gula merah. Udah kepikiran mau bikin sirup gula merah buat disiram di atas puding ini tapi gak sempet lagi bikinnya. Kejar-kejaran sama waktu, mau dinas sore. Biasanya kalo motoin makanan suka geser sana sini, betah nongkrongin lama biar dapet angle bagus. Eh kemarin gak sempet, puding yang di piring besar rada miring posisinya aja sampe gak ngeh. Yang penting pudingnya kata suami enak, suka sama perpaduan rasanya. Sekian ceritanya, yuk intip resepnya.


Puding Lapis 3 Rasa

Lapisan 1 :
15 keping biskuit marie regal
>> Siapkan loyang puding transparan ukuran besar, lalu susun biskuit marie melingkar di dasar loyang.




600 ml air
200 gr gula merah
1 bungkus agar-agar plain
2 lembar daun pandan, ikat
Sejumput garam
>> Masukkan semua bahan dalam panci, aduk dan masak hingga mendidih. Matikan kompor. Biarkan hingga uap panas hilang lalu tuang perlahan dengan sendok sayur ke atas lapisan biskuit marie. Biarkan dingin.




Lapisan 2 :
5 butir kuning telur 
100 gr margarine, lelehkan
1/2 sdt vanilla essens
1 sachet susu kental manis putih
>> Aduk dengan whisk hingga tercampur rata. Sisihkan.



1 bungkus agar-agar plain 
500 ml air
100 gr gula pasir
>> Aduk dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih tuangkan campuran kuning telur dan margarine tadi sambil diaduk cepat. Setelah tercampur rata matikan kompor dan biarkan uap panas hilang.

Tuangkan adonan ini di atas lapisan pertama tadi secara perlahan menggunakan sendok sayur. Dinginkan.








Lapisan 3 :
1 bungkus agarasa cokelat
100 gr DCC
120 gr gula pasir
500 ml air
>> Masukkan dalam panci, aduk dan masak hingga mendidih. Matikan kompor dan biarkan uap panas hilang. Tuangkan ke atas lapisan kedua secara perlahan. 




Biarkan puding set dan simpan di kulkas lalu potong2 dan sajikan dingin. 



1 comment: