Tuesday 28 February 2017

Condensed Milk Cake



Cake kempus seperti ini belakangan ini jadi favorit saya. Kalau sedang pengen cake lembut tapi irit bahan, condensed milk cake ini patut dicoba. Teksturnya lembut dan fluffy karena dipanggang dengan teknik Au Bain Marie atau water bath. Yah anggap saja ogura versi ekonomis..hehe

Condensed Milk Cake 

Bahan :
3 kuning telur 
1 butir telur utuh
60 gr margarin
60 gr terigu protein rendah
60 gr susu kental manis 
1 sdt vanilla essens (bisa diskip)
3 putih telur 
50 gr gula pasir halus
1 sdm perasan jeruk nipis





Cara Membuat :
1.  Siapkan loyang 20x10x7 cm , alasi dengan baking paper tanpa dioles apapun. Gunakan loyang tanpa sambungan ya, atau jika menggunakan loyang sambung lapisi bagian luarnya dengan alumunium foil.
2. Dalam wadah, kocok kuning telur dan telur utuh menggunakan whisk,  sisihkan.
3. Lelehkan margarin dalam teflon diatas api kecil, lalu masukkan tepung aduk rata, matikan kompor. Masukkan susu kental manis ke adonan ini, aduk rata.




4. Masukan adonan ini ke dalam adonan kuning telur tadi, aduk rata pakai whisk dengan cepat sampai adonan lembut, masukkan vanilla essens, lalu aduk rata.





5. Dalam wadah lain, kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan perasan jeruk nipis, kocok lagi sambil masukkan gula sedikit demi sedikit. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga soft peak ( jika diangkat pengaduknya berbentuk lancip ).




6. Masukkan 1/3 adonan putih telur kedalam adonan kuning telur, aduk balik hingga rata, lalu masukkan adonan putih telur sisanya dalam 2 tahap lagi.




7. Tuang dalam loyang, panggang dengan suhu 160 derajat celcius dengan teknik Au Bain Marie (waterbath). Siapkan loyang lebih besar dari loyang yang berisi adonan cake, beri air panas mendidih setinggi 1 cm. Letakkan loyang yang berisi adonan cake diatasnya. Panggang selama kurang lebih 35 menit.




Walaupun irit bahan, cake ini enak dan kempus. Cocok untuk teman kopi atau teh.


Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment