Tuesday 16 May 2017

Banana Chiffon Cake


Punya pisang di rumah yang kulitnya sudah mulai kehitaman?? Dibikin chiffon cake aja yuk. Chiffon cake ini jenis cake yang ringan, fluffy dan tentu saja low calorie. Pada saat proses pembuatannya, kuning dan putih telur dikocok terpisah. Chiffon cake ini dipanggang dalam loyang khusus chiffon, seperti loyang tulban yang bisa dibongkar pasang. Banyak variasi dari chiffon cake, salah satunya Banana Chiffon Cake ini. Yuuk lihat resepnya.

Banana Chiffon Cake

Bahan A :
200 gr pisang yang sudah ranum (pisang sudah dikupas)
60 gr kuning telur
15 gr gula pasir halus
40 gr minyak
80 gr terigu protein rendah (Kunci Biru)
1/4 sdt Baking powder
1/2 sdt Soda kue
1/4 sdt garam halus

Bahan B :
140 gr putih telur
50 gr gula pasir halus
1 sdm perasan jeruk nipis

Cara membuat :
1. Campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan kuning telur, dan minyak. Aduk lalu tambahkan gula pasir halus. Aduk rata.


2. Tambahkan terigu, baking powder, soda kue dan garam halus sambil diayak. Aduk perlahan menggunakan whisker. Sisihkan.



3. Siapkan wadah lain (pastikan wadah kering dan bebas lemak agar putih2 telur naik). Kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang hingga berbusa lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Lalu kocok lagi dengan kecepatan maksimal sambil ditambahkan gula pasir halus sedikit demi sedikit. Kocok hingga soft peak (jika mixer diangkat bagian atas adonan membentuk jambul lancip dan kokoh).

4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan A secara bertahap. Aduk balik hingga rata.


5. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon, saya pakai uk 22 cm (loyang tidak perlu dioles apa-apa). Hentakkan loyang untuk mengeluarkan gelembung udara.


6. Panggang di oven dengan suhu 160° c selama 50 - 60 menit (Sesuaikan oven masing-masing). Setelah cake matang, segera keluarkan dari oven dan balikkan di atas botol. Tunggu hingga cake dingin lalu sisir bagian pinggir nya dengan pisau.




Semoga postingan ini bermanfaat ya, Selamat Mencoba di rumah! 

No comments:

Post a Comment