Tuesday 30 May 2017

Banana-Date Buttercake



Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Selamat bertemu lagi dengan bulan penuh berkah dan ampunan. Semoga Ramadhan ini kita dapat manfaatkan dengan baik ya..
Btw, Ramadhan biasanya identik dengan kurma. Walaupun sebenarnya makan buah kurma tidak mesti saat bulan Ramadhan saja. Hanya saat berbuka sunnahnya Rasulullah hendaknya diawali dengan kurma dan air putih. Kurma bisa dimakan begitu saja atau dibuat air rendaman seperti infused water. Atau bisa juga diolah menjadi butter cake. Untuk saya yang tidak suka kurma, saya lebih memilih untuk makan kurma yang sudah diolah baik dalam infused water atau penganan lain. Yang penting kurma nya gak terlalu berasa  seperti saat dimakan langsung. Pengecualian untuk ruthab ya, kalo ruthab (kurma muda) saya doyan sekali. Sayangnya sulit didapatkan dan harganya berkali lipat dari kurma yang biasa kita makan. 
Resep ini saya dapat dari cookpad, punya ci Tintin rayner. Resep-resepnya oke, saya banyak belajar dari melihat resep beliau. Thanks ya ci.. Untuk butter cake ini saya menggunakan kurma Khenaizi dengan merk Date Crown, kurma ini warnanya agak kehitaman. Untuk pisangnya saya menggunakan pisang madu. Bisa diganti dengan kurma atau pisang jenis lain ya sesuai selera. Saya pakai apa yang tersedia di rumah saja.

Banana-Date Buttercake / Cake Pisang Kurma

Bahan :
200 gr pisang ranum, lumatkan (timbang pisang yang sudah dikupas)
150 gr Kurma, buang bijinya dan potongan kecil2
(130 gr untuk dicampur dalam adonan, 20 gr untuk topping)
60 ml madu
125 gr margarin
80 gr gula palem / Brown sugar
2 butir telur
175 gr terigu Kunci Biru
1 sdt Baking powder

Cara membuat :
1. Rendam irisan Kurma dengan madu, sisihkan.


2. Kocok margarin dan gula palem hingga pucat dan creamy. Lalu masukkan telur satu persatu diselingi 1 sdm tepung terigu. Jarak 1 menit antara telur kesatu dan telur kedua.



3. Matikan mixer, lalu masukkan sisa tepung+ baking powder sambil diayak, aduk balik dengan spatula. Lalu masukkan kurma +madu dan pisang. Aduk balik lagi.





4. Tuang adonan ke loyang persegi panjang ukuran 26*10 cm yang sudah dialasi baking paper. Lalu taburi irisan kurma.


5. Panggang di oven dengan suhu 180° c selama kurang lebih 40 menit.




Hasilnya cake yang moist dan legit.. Abang Ken pun suka, langsung makan 3 potong. 


Semoga bisa bermanfaat yaa.. Selamat menunaikan Ibadan puasa!

No comments:

Post a Comment