Wednesday 22 November 2017

Nugget Pisang



   Sekarang ini alias zaman NOW, banyak bermunculan beraneka  jenis makanan dan minuman baru yang pada umumnya langsung hits di pasaran. Sebut saja jus mangga yang sebetulnya hanya jus mangga biasa namun dipadankan dengan whipping cream dan irisan buah mangga, sehingga tampilannya lebih menarik. Untuk satu jenis minuman itu pun sudah ada beberapa brand. Dan outletnya ramai dikunjungi, bahkan untuk membelinya mesti antri. Ada lagi berbagai jenis cake yang dijual para artis, yang outletnya tersebar di beberapa kota. Disebut-sebut sebagai oleh-oleh kekinian kota tersebut.
   Nah, satu lagi makanan yang katanya kekinian itu adalah nugget pisang. Yang saya ketahui, sudah ada dua brand yang menjual makanan satu ini, termasuk salah satunya kepunyaan anak bungsu Presiden kita. Jika nugget biasanya terbuat dari daging ayam, ikan, atau tahu dan biasanya dimakan sebagai lauk. Kali ini nugget nya dibuat dari pisang dan diberikan aneka topping yang menarik, seperti coklat, keju, greentea, almond slice dan masih banyak lagi yang lainnya. 
   Dan saya pun akhirnya tertarik untuk mencoba membuat nugget pisang ini, berhubung bahannya murah dan membuatnya pun cukup mudah. Saya hanya memakai topping coklat, keju parut dan almond slice sesuai bahan yang ada di rumah saya. Teman-teman pun bisa membuat sendiri ya di rumah, dengan topping sesuai selera masing-masing. Yuuuk..

Nugget Pisang

Bahan: 
500 gr pisang matang, saya pakai pisang madu
100 gr tepung terigu
30 gr susu bubuk 
15 gr gula Pasir
2 butir telur, kocok lepas 
1/4 sdt garam
1 tetes essens vanila

Bahan pencelup:
50 gr tepung beras (bisa juga pakai terigu)
2 butir telur, kocok lepas
tepung panir secukupnya

Topping :
Coklat batangan / Keju parut / Almond slice

Cara Membuat:
1. Haluskan pisang, bisa menggunakan masher atau seperti saya menghaluskan nya dengan menggunakan garpu, dengan cara ditekan-tekan hingga halus.


2. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata. (Disini telurnya terlihat 3 padahal di resep tertulis 2 butir telur, itu karena saya bikin 1 setengah resep ya)



3. Tuang ke loyang, yang telah dialasi baking paper atau dioles minyak.


4. Kukus selama 25 menit, dinginkan lalu potong sesuai selera.


5. Celupkan ke dalam tepung beras, lalu telur, lalu balur dengan tepung panir. Lakukan satu persatu hingga habis.



6. Panaskan minyak goreng kemudian goreng sampai warna kuning kecoklatan.
7. Siap disajikan dengan aneka topping sesuai selera.



Selamat membuat nugget pisang ala kalian yaa.. 

No comments:

Post a Comment