Sunday 19 November 2017

Putu Ayu Cokelat Keju



Putu ayu adalah salah satu kue tradisional yang dikukus, dalam adonannya menggunakan santan dan pasta pandan, bagian atasnya adalah kelapa parut yang dikukus dengan daun pandan sehingga kelapanya harum. Kali ini saya membuat variasi lain dari putu ayu, santan dalam adonannya diganti susu, pasta pandan diganti cokelat, dan kelapanya diganti keju. Kue ini bisa jadi pilihan buat teman-teman yang tidak suka kelapa. Meskipun sebetulnya namanya bukan putu ayu lagi ya, karena yang namanya kue putu kan mesti menggunakan kelapa. Yukk lihat resepnya.

Putu Ayu Coklat Keju
Bahan:
100 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk
125 gr gula pasir
2 butir telur
½ sdt cake emulsifier (SP)
100 ml susu cair (bisa rasa coklat atau plain)
200 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula pasir dan SP dengan speed bertahap, dari speed rendah hingga berbusa, lalu naikkan ke speed tinggi hingga kental berjejak.


2. Tambahkan tepung terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak. Kocok dengan speed rendah hingga rata.


3. Masukkan susu cair, aduk hingga rata.



4. Panaskan kukusan dengan api sedang, jangan lupa tutup kukusan dilapisi dengan kain lap, supaya uap air tidak menetes ke adonan.
5. Siapkan cetakan putu ayu, olesi dengan minyak goreng.
6. Parut halus keju, lalu masukkan sebanyak 8 gram (atau dikira-kira saja) ke dalam cetakan putu ayu, sambil dipadatkan. Lakukan hingga keju habis.


7. Masukkan adonan putu coklat ke dalam cetakan yang sudah diisi keju parut, isi hingga penuh. Lakukan hingga adonan habis.


8. Kukus selama 15 menit. Lalu angkat dan sajikan.
.
*Untuk 18 cup putu ayu coklat keju.


Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment