Monday 19 June 2017

Portuguese Egg Tart


Portuguese egg tart biasa dikenal juga dengan Pastel de Nata merupakan dessert khas asal Portugal. Dessert ini terdiri dari pastry dengan filling custard (adonan telur). Beberapa negara yang pernah dikuasai Portugis, seperti Timor Leste, Hongkong, Singapura, Malaysia, dan China dapat ditemui kue egg tart. Selain menyebarkan paham ideologi, Portugis juga menularkan kebudayaan hingga kulinernya kepada tempat-tempat tersebut, salah satunya egg tart dan apem kinca. Bahkan di Macau ada salah satu toko Bakery yang sangat terkenal dengan Portuguese egg tart nya yang enak. Di Jakarta pun sudah banyak toko yang menjualnya. 
Egg tart, kebetulan adalah dessert kesukaan suami. Saya sering bikin di rumah, dimulai dari pie Susu ala Bali, Hongkong Eggtart dan akhirnya penasaran sama Portuguese Eggtart ini. Sebenarnya terdapat kemiripan  antara dua jenis Eggtart yang saya sebutkan belakangan. Jika Hongkong Eggtart menggunakan crust pie biasa, maka Portuguese egg tart menggunakan pastry sebagai crust nya. Bagian filling nya yang kecoklatan karena proses karamelisasi menarik minat saya. Warnanya cantiikk. Dan ternyata mudah dibuat, apalagi jika memakai puff pastry siap pakai. Ketika memakannya, lapisan luar kue tersebut akan langsung hancur di mulut persis seperti croisant. Namun, tak begitu lama, fla yang merupakan isi atau bagian tengah dari kue memberikan rasa manis yang lembut. Hmm.. penasaran? 

Portuguese Eggtart

Bahan filling :
250 ml Susu cair
60 ml whipcream cair
60 gr gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm tepung maizena
1 tetes essens vanila

Puff pastry siap pakai (saya pake merk Edo)

Cara membuat :
1. Gilas ringan puff pastry lalu cetak berbentuk lingkaran, padatkan sambil ditekan-tekan di cup yang telah diolesi margarine. Lalu tusuk bagian dasarnya dengan garpu. Sisihkan.



2. Masukkan semua bahan filling dalam panci lalu aduk rata. Panaskan dengan api kecil hingga cukup kental tapi jangan terlalu kental. Konsistensi adonan lihat pada foto di Bawah.

3. Tuang filling hingga setinggi 3/4 cup.




4. Panggang di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200-210° c hingga pastry berwarna coklat keemasan dan bagian filling terkaramelisasi.

*Memanggang puff pastry harus menggunakan suhu tinggi supaya pastry bisa mengembang sempurna, berlayer dan crunchy. Jika tidak demikian, nanti pastry nya akan melempem.
*Jika filling terlalu kental nanti akan menghasilkan adonan yang terlalu padat (seperti pada pie Susu Bali), sementara pada Portuguese egg tart fillingnya lembut dan meleleh ketika dimakan.
*Resep ini untuk 12 buah eggtart.

Selamat Mencoba..

1 comment: