Friday 10 February 2017

Bolen Pisang



Bolen pisang dikenal sebagai oleh-oleh khas kota Kembang, dengan brand nya yang terkenal yaitu Kartika Sari. Bolen ini terbuat dari pastry yang diisi dengan pisang. Selain pisang isian bolen ini juga ada coklat dan keju. Kebayang kan gimana rasanya pastry yang lembut berpadu dengan pisang dan coklat yang meleleh kalo bolennya dimakan selagi hangat. Nah sekarang bolen pisang ini bisa juga dibuat ala rumahan. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk menikmati bolen pisang nan lezat ini. Resep ini tidak menggunakan kulit pastry siap pakai, namun tetap menghasilkan kulit bolen yang berlapis. Resepnya saya dapat dari mba Aulia Putri, dan ini kali kedua saya membuat bolen dengan resep ini.

Bolen Pisang tanpa Korsvet

Bahan :

Adonan A 
100 gr terigu protein tinggi
80 gr margarin
1sdm minyak sayur
>>>Campur jadi satu dalam wadah menggunakan spatula lalu bagi menjadi 20 bagian dan bulatkan. Simpan di kulkas selama membuat adonan B.

Adonan B
300 gr terigu protein tinggi
50 gr gula halus
100 gr margarin
100 ml air dingin
1/4 sdt garam halus
1/4 sdt vanili bubuk
>>>Campur semua bahan menjadi satu lalu uleni hingga adonan lembut dan halus. Bagi dan bulatkan adonan menjadi 20 bagian.

Bahan isian : 
Pisang raja
Cokelat batangan, potong kotak
Keju cheddar, potong kotak 

Bahan olesan :
1 kuning telur 
2 sdm susu cair
>>>Aduk rata



Cara :
1. Pipihkan adonan B lalu isi dengan adonan A, lipat seperti bentuk amplop.



2. Gilas berbentuk persegi panjang, lalu gulung. Lakukan tahap ini sebanyak 3 kali. Jadi gilas, gulung, gilas, gulung, gilas, gulung..



3. Gilas lagi lalu isi dengan pisang yang sudah dipotong2 dan tambahkan cokelat dan keju, lalu lipat lagi seperti amplop.
Ulangi hingga ke 20 bulatan adonan habis.


4. Susun dalam loyang bersemir margarin, lalu oles permukaan bolen dengan bahan olesan.



5. Panggang di oven yg telah dipanaskan dengan suhu 190°c selama kurang lebih 50-60 menit, disesuaikan dengan oven masing-masing.



Yeay.. Sudah matang..


Semoga bermanfaat yaa!

No comments:

Post a Comment