Wednesday 15 February 2017

Pumpkin Pie


Labu kuning atau labu parang bisa diolah menjadi berbagai macam penganan lezat. Yang paling mudah dibuat seperti kolak, atau bisa juga diolah menjadi donat labu, puding atau bahkan cukup dikukus begitu saja sudah enak. Aromanya khas dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Saya mencoba mengolah labu menjadi pumpkin pie, labu disini dipakai sebagai isian untuk pie nya. Berikut resep dan langkah-langkah pembuatannya.

Pumpkin Pie / Pie Labu

Bahan :

• Crust pie
250 gr terigu segitiga biru
125 margarin
1 sdm susu cair dingin
50 gr gula halus
1 butir telur, kocok lepas
1/4 sdt garam

• Pumpkin filling
250 gr labu kuning, kupas kulit dan buang bijinya lalu potong kecil
1 sdt vanila essens
250 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 butir telur, kocok lepas




Cara membuat :
1. Campur semua bahan crust pie dalam wadah, campur rata dengan cara diremas menggunakan tangan. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas selama membuat filling.



2. Masukkan susu cair, labu, gula pasir, vanila essens ke dalam panci, aduk dan masak dengan api kecil hingga sedang. Masak hingga labu benar-benar lunak. ( Atau bisa juga labunya dikukus terlebih dahulu sehingga saat direbus dengan susu tidak butuh waktu terlalu lama). Dinginkan lalu blender halus. Masukkan telur yang dikocok lepas dan aduk rata. Sisihkan.



3. Keluarkan adonan crust pie, gilas kira-kira setebal 0,5 cm. Cetak ke cetakan pie, tusuk bagian bawah nya dengan garpu lalu simpan di kulkas 10 menit.





4. Panaskan oven dg suhu 180°c dan panggang crust pie selama 15-20 menit.

5. Keluarkan crust pie dari oven lalu isi dengan pumpkin filling. 




6. Panggang crust pie yang telah diisi filling selama 35-40 menit atau hingga filling padat. Sesuaikan dengan oven masing-masing.


Taraa..sudah matang..


Siap disajikan untuk teman kopi atau teh..



Semoga bermanfaat ya. Happy Baking! 

1 comment: