Wednesday 8 February 2017

Kue Lapis Sagu


Sudah lama penasaran pengen buat kue yang berlapis-lapis. Kalo lapis legit lama proses pembuatannya, trus kok rada gak pede ya bikinnya, takut gagal. Ya sudah dimulai dari yang mudah aja dulu seperti kue lapis sagu ini. Kue ini termasuk kue tradisional yang sekarang pun masih banyak jualnya di pasar. Dulu sewaktu kecil kalo makan kue ini selalu dibuka lapis per lapisnya. Kadang sampe sekarang masih seperti itu sih..hehe Kalo bikin sendiri bisa sesuka hati maunya warna apa, tergantung suasana hati aja.. Di bawah ini saya share resepnya.

Kue Lapis Sagu

Bahan :
1 liter santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun pandan, ikat
250 gr tepung sagu
100 gr tepung terigu
50 gr tepung hun kwe
350 gr gula pasir
Pasta pandan
Pasta berwarna merah 
Pasta coklat

Cara membuat :
1. Masak santan dan daun pandan sambik terus diaduk hingga mendidih. Matikan kompor, aduk terus hingga uap panasnya hilang. Biarkan dingin.
2. Campur tepung sagu, terigu, tepung hun kwe dan gula pasir, aduk rata.
3. Tuang santan yang telah dingin ke dalam campurqn tepung tadi, aduk rata. Lalu saring untuk mendapatkan adonan yang halus.
4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, 1 bagian dicampur pasta pandan, 1 bagian dicampur pasta warna merah, 1 lagi biarkan putih.


5. Panaskan kukusan dan siapkan loyang persegi uk 20*20 yang telah dioles tipis dengan minyak goreng.
6. Tuang adonan selapis demi selapis secara berurutan dimulai dari warna hijau, putih lalu merah. Gunakan sendok takar agar tinggi setiap lapisan sama (tadi saya satu lapisan nya +- 110 ml). Kukus selama 5 menit untuk setiap lapisan. 
7. Sisakan sedikit adonan putih untuk dicampur pasta coklat untuk lapisan terakhir. Setelah semua adonan habis, kukus lagi selama 30 menit.
8. Tunggu hingga benar-benar dingin baru keluarkan dari loyang.

* untuk memotong kue, lapisi pisau dengan plastik bening agar tidak lengket dan hasil irisan bagus.



Selamat mencoba ya...

No comments:

Post a Comment