Wednesday 18 January 2017

Marble Chiffon Cake

Bolu atau kue bolu (english : cake) adalah kue berbahan dasar tepung terigu, gula dan telur. Bolu atau cake umumnya dimatangkan dengan cara di panggang di oven walaupun ada juga yang dikukus. 
Berdasarkan jenis pembuatan cake dibagi menjadi dua yaitu Butter Cake dan Sponge Cake. Pada buttercake, pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Sedangkan pada sponge cake, pembuatan kue diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Margarin cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur tepung. Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge dibagi menjadi dua, salah satunya chiffon cake. Pada chiffon cake, putih dan kuning telur masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah. Tekstur kue yang dihasilkan sangat lembut dan ringan. (Source : wikipedia)
Chiffon cake ini dipanggang dalam loyang khusus (loyang bongkar pasang) yang harus segera dibalikkan ketika cake matang. Saya akan membagikan salah satu variasi resep dari chiffon cake yaitu marble chiffon cake. Marble chiffon cake ini bisa dijadikan pilihan jika anda suka marble cake tetapi tidak terlalu suka jenis cake yang berat. Cake ini salah satu kesukaan saya, berikut resepnya...

"Marble Chiffon Cake"

Chiffon Cake Batter:
3 pcs Egg white
60 gr Castor sugar
3 pcs Egg yolk
40 gr Castor sugar
60 gr Medium flour
2 tsp Corn starch
1/4 tsp Baking powder
30 ml Vegetable oil
45 ml Fresh milk

Chocolate Batter:
1/3 part of Chiffon cake batter
10 gr Cocoa powder
20 gr Dark chocolate compound, melted
Drop of Chocolate paste

Chocolate Glazed:
60 gr Dark chocolate compound
50 ml Fresh cream

Garnish:
30 gr Icing sugar, for dusting
2 pcs Cherry fruit
Mint leaves

Cara Membuat:
Chiffon Cake Batter:
1. Kocok Egg White dengan stand mixer kecepatan tinggi hingga mengembang.
2. Masukkan Cream of Tartar dan Castor Sugar secara bertahap sambil kocok kembali hingga kaku, sisihkan (untuk meringue).
3. Pada bowl lain, kocok Egg Yolk dan Castor Sugar dengan Hand Mixer kecepatan tinggi hingga creamy, masukkan Medium Flour dan Corn Starch, aduk dengan menggunakan rubber spatula, fold in searah jarum jam hingga tercampur rata.
4. Masukkan Vegetable Oil dan Fresh Milk, fold in searah jarum jam hingga tercampur rata.
5. Untuk Chocolate Batter, Sisihkan 1/3 bagian adonan, tuangi dengan Cocoa powder, Dark Chocolate Compound melted, Chocolate Paste.
6. Tuang ke dalam Loyang tanpa diberi olesan dan kertas roti, bentuk seperti motif marble dengan menggunakan tusuk gigi.
7. Oven dengan suhu 180 derajat celcius sekitar 50 menit hingga matang.
8. Keluarkan dari oven lalu dinginkan dengan posisi loyang terbalik.
9. Setelah dingin, keluarkan dari loyang, lalu siram dengan chocolate glazed dan dusting dengan icing sugar, garnish bagian atasnya.

Chocolate Glazed:
1. Panaskan air pada fry pan, letakkan fresh cream dan dark chocolate compound pada bowl, lalu masak di atas air pada fry pan secara BMS hingga coklat meleleh.
2. Gunakan sebagai Chocolate Glazed pada Chiffon cake yang telah dingin

Video tutorial nya bisa dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=s5TZjjpDau0&t=3s









Happy Baking ! Semoga bermanfaat yaa..

No comments:

Post a Comment