Wednesday 25 January 2017

Siomay




Siomay adalah salah satu jenis dimsum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut shiu maai. Konon makanan ini berasal dari Mongolia Dalam. (Source : wikipedia) Dalam masakan Indonesia, terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomay ayam, ikan tenggiri, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Di beberapa daerah, siomay tidak selalu dibungkus dengan kulit pangsit. Siomay umumnya dihidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari  kacang tanah yang dihaluskan dan ditambah berbagai macam bumbu. Berikut resep siomay andalan saya..

Siomay Ayam Udang

Bahan :
350 gr daging ayam tanpa tulang, giling
100 gr udang kupas kulitnya, cincang kasar
120 gr tepung sagu tani
1 butir telur
4 batang daun bawang, iris halus
3 siung bawang putih, cincang
1/2 sdt merica
1 sdt garam
1 sdm saos tiram
1 sdm kecap asin

Bahan kuah kacang :
250 gr kacang tanah
5 siung bawang putih
1 butir kentang kupas kulit
10 cabe rawit
3 cabe merah besar
10 sdm kecap manis
3 sdm saos sambal
1/2 gula merah ukuran kecil
2 buah jeruk limau
350-500 ml air matang
Garam secukupnya

Pelengkap :
Kentang 
Pare
Tahu
Kol
Telur rebus
Pangsit
DLL sesuai selera


Cara :
1. Membuat siomay :
 campur semua bahan siomay menjadi satu, aduk rata menggunakan tangan.. isi adonan ke dalam tahu / kulit pangsit, lalu kukus hingga matang. sisa adonan bisa direbus di air mendidih seperti membuat bakso.. Kalo saya semuanya saya rebus, soalnya lagi gak ada kulit pangsit dan tahu cuma punya 3 biji.. 😁
2. Membuat kuah kacang :
Goreng kacang tanah kurang lebih 5 menit, angkat sisihkan.. Lalu goreng cabe, bawang putih dan kentang menggunakan minyak bekas menggoreng kacang tanah, lalu sisihkan..
3. Masukkan kacang tanah dan semua bahan yg tadi di goreng ke dalam blender, tambahkan gula merah dan air 350 ml, lalu blend hingga halus.. (jika masih susah diblender, tambahkan lagi sedikit air)
4. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng sekitar 20 sdm (bisa ditambah / dikurangi sesuai selera), masukkan bumbu yang telah diblender tadi.. tambahkan kecap manis, garam, perasan jeruk limau, masak hingga harum lalu koreksi rasa..
Bila bumbu masih kental tambahkan air panas saat akan disajikan, sisa bumbu yang kental bisa disimpan di wadah tertutup di kulkas..
5. Setelah semua bahan matang tata di piring lalu siram dengan kuah kacang..

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment