Thursday 19 January 2017

Pandan Ogura Cake



Jika dilihat dari namanya, sekilas cake ini mirip dengan kata dalam bahasa Jepang. Namun nyatanya ogura cake ini berasal dari daerah Batu Pahat, Malaysia. Tekstur nya lembut dan ringan. Proses pembuatan nya mirip dengan chiffon cake, perbedaannya yaitu pada teknik pemanggangan. Ogura cake ini dipanggang dengan teknik Au bain Marie atau Water bath. Pada teknik ini loyang utama berisi adonan kue diiletakkan di atas loyang yang lebih besar dan berisi air panas. Jika menggunakan loyang dengan sambungan, sebaiknya lapisi dulu dengan alumunium foil agar air rendaman tidak merembes dan membasahi kue. Cara pemanggangan yang unik inilah yang membuat tekstur ogura cake lembut, ringan dan moist. Saking ringannya gak tau deh udah makan berapa potong.


Pandan Ogura Cake

BAHAN 1:
5 butir kuning telur
1 butir telur utuh
40 ml minyak sayur
80 ml santan instant kental
1 sdt pasta pandan
85 gr tepung terigu Kunci Biru

BAHAN 2 :
5 butir putih telur
1/4 sdt garam
85 gr gula pasir 
1 sdm air perasan jeruk nipis



Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 20cm, oles margarin dan alasi baking paper. Jika menggunakan loyang sambung, lapisi bagian luarnya dengan alumunium foil agar air tidak merembes.
2. Masukkan semua bahan 1 dalam wadah lalu aduk hingga rata, sisihkan.
3. Kocok putih telur, garam, air jeruk nipis sampai berbusa, lalu masukkan gula pasir secara bertahap sambil terus dikocok hingga soft peak.
4.  Masukkan putih telur ke adonan 1 secara bertahap sambil di aduk balik hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan, hentakkan loyang untuk membebaskan gelembung udara supaya tekstur cake nya bagus.
6. Panggang selama 55 menit dengan suhu 160-170 °c, dengan teknik Au Bain Marie (letakkan 1 loyang lebih besar di bawah loyang utama dan isi air setinggi 1,5 cm)
7. Setelah matang segera keluarkan dari loyang dan dinginkan di cooling rack..



Semoga bermanfaat yaa.. Happy Baking..

No comments:

Post a Comment